Iklan kontekstual formula roi. Apa itu ROI, ROMI dan cara menghitungnya. Rumus perhitungan

Untuk mengukur keberhasilan taruhan, indikator seperti ROI digunakan. Secara khusus, ini digunakan di situs web kami dan sering kali menimbulkan kebingungan di kalangan pendatang baru yang membombardir admin dengan pertanyaan - apa itu ROI dalam taruhan? Kami menjawab.

Singkatan ROI berasal dari bahasa Inggris Return on Investment. Pengembalian investasi, dalam bahasa Rusia. Atau laba atas investasi, terjemahan seperti itu juga dapat ditemukan. Indikator ROI digunakan tidak hanya dalam taruhan, tetapi juga di banyak bidang aktivitas ekonomi dan keuangan lainnya.

Rumus ROI terlihat seperti ini:

Rumus ROI dalam taruhan adalah:

Apa itu ROI dan mengapa itu diperlukan, jika Anda bisa melihat siapa yang mendapat untung berapa?

Itu mudah. Keuntungan adalah indikator yang tidak banyak bicara. Misalnya, Ivan memenangkan $10. Apakah dia peramal yang baik atau buruk? Ini tidak dapat dikatakan tanpa mengetahui berapa banyak uang yang harus dia keluarkan dan berapa banyak taruhan yang harus dia buat untuk menang sebanyak itu. Jika Ivan membuat satu juta taruhan sebesar $100 dan hanya memenangkan $10, maka dia tidak bisa disebut sukses, bukan? Dan jika Ivan hanya membuat 3 taruhan masing-masing $2 dan menghasilkan $10, gambarannya langsung berubah, bukan?

Artinya, ROI diperlukan untuk menunjukkan efektivitas peramal.

Agar lebih mudah memahaminya, mari kita gunakan contoh dari kehidupan nyata. Petugas kebersihan Vasily memperoleh $200. Notaris Semyon memperoleh $50. Bisakah kita mengatakan bahwa petugas kebersihan Vasily lebih sukses daripada notaris Semyon? Tidak, kami tidak bisa, karena kami tidak tahu berapa banyak usaha yang mereka lakukan untuk mendapatkan uang sebanyak itu. Petugas kebersihan mendapat penghasilan 4 kali lebih banyak, tetapi untuk itu dia harus menyapu jalan selama sebulan tujuh hari seminggu. Notaris memperoleh penghasilan 4 kali lebih sedikit, tetapi untuk itu ia hanya menghabiskan waktu 10 menit untuk mengesahkan akta tersebut. Jadi mana yang lebih sukses? Tentu saja efisiensi Notaris Semyon lebih tinggi.

Hal yang sama berlaku untuk taruhan. Katakanlah keuntungan peramal Alex123 adalah $200, dan peramal Kolya666 adalah $100. Jika tidak ada indikator ROI, orang akan mengira Alex123 lebih menguntungkan daripada Kolya666. Tetapi bagaimana jika Alex123 memenangkan $200 dengan membuat 1000 $10 taruhan, dan Kolya666 memenangkan $100 dengan hanya membuat 20 $10 taruhan? Tentunya dalam hal ini Kolya666 lebih efektif dan sukses. Itulah gunanya ROI - ini menunjukkan keefektifan nyata dari pemain. Menunjukkan berapa keuntungannya untuk setiap dolar yang dia pertaruhkan.

Jadi, dengan menghitung ROI dari berbagai peramal, Anda dapat membandingkan efektivitas sebenarnya. Inilah sebabnya mengapa indikator ini digunakan dalam taruhan.

Penting untuk dicatat bahwa jika dua peramal memiliki ROI yang sama, maka peramal dengan jangka waktu yang lebih panjang akan lebih berhasil. Misalnya, menghasilkan ROI 10% pada jarak 10 taruhan jauh lebih mudah daripada jarak 100 taruhan. Mengapa? Sederhananya: semakin jauh jaraknya, semakin besar investasinya. Dan kami membaginya berdasarkan investasi. Dengan kata lain, ROI 10% dengan jarak 10 taruhan $10 hanya menghasilkan keuntungan $10, dan ROI yang sama dengan jarak 100 taruhan $10 sudah menghasilkan keuntungan $100.

ROI apa yang dianggap baik? Dalam taruhan, biasanya memulai dari 5% dengan jarak 1000 taruhan. Jika seorang peramal memberikan 5% (atau lebih) pada jarak 1000 taruhan, berarti dia sangat bagus. Namun, untuk permainan plus yang percaya diri, 2-3% pada jarak seperti itu sudah cukup.

Halo! Pada artikel ini kita akan membahas tentang rasio ROI.

Hari ini Anda akan belajar:

  1. Koefisien macam apa ini?
  2. Mengapa menghitungnya?
  3. Bagaimana menganalisisnya dengan benar.

Berapa rasio ROI

ROI adalah indikator yang agak kontroversial yang memiliki lawan dan pendukungnya. Ada yang mengatakan bahwa rasio memungkinkan Anda menentukan laba atas investasi, ada pula yang berpendapat bahwa rasio tersebut tidak memperhitungkan banyak faktor. Mari kita cari tahu di mana kebenarannya.

ROI (pengembalian investasi)— rasio laba atas investasi .

Koefisien menunjukkan berapa persen keuntungan yang akan kita terima dari setiap rubel yang diinvestasikan.

Mengapa menghitung ROI

ROI menunjukkan perkiraan tingkat pendapatan yang dapat diperoleh setelah menginvestasikan sejumlah modal tertentu. Koefisien ini cocok untuk menghitung dan menganalisis kampanye periklanan.

Di bidang investasi, indikator ini digunakan ketika Anda perlu memperkirakan secara kasar berapa banyak pendapatan yang akan dihasilkan oleh investasi tertentu. Misalnya, memulai bisnis Anda sendiri dapat menghasilkan 30.000 rubel sebulan, dan biayanya akan menjadi 300.000 rubel. Artinya setiap bulan Anda akan menerima 10% dari pengeluaran Anda.

Indikator ini menentukan berapa banyak keuntungan yang akan dihasilkan oleh berbagai materi iklan dan proyek yang sedang berjalan. Sebagai pengeluaran, Anda perlu mengambil semua biaya yang dikeluarkan untuk meluncurkan kampanye periklanan, dan sebagai pendapatan - keuntungan dari semua pelanggan yang membeli produk tertentu.

Apa pengaruh ROI?

Indikator ROI menunjukkan seberapa efektif kampanye periklanan atau aktivitas investasi dilakukan: berapa persentase pendapatan yang Anda terima untuk setiap rubel yang diinvestasikan. Semakin tinggi indikator ini, semakin banyak uang yang Anda dapatkan.

Metode untuk menghitung indikator ROI

Ada rumus dasar untuk menghitung ROI:

ROI = (Pendapatan dari investasi - besaran investasi) / Besaran investasi * 100%.

Ada baiknya jika investasi dilakukan satu kali, dan Anda menerima pendapatan tetap dari investasi tersebut setelah jangka waktu tertentu. Formulanya bagus untuk bekerja dengan obligasi. Dengan berinvestasi di dalamnya, Anda membelanjakan sejumlah uang satu kali dan menerima penghasilan di akhir periode.

Ada rumus ROI yang lebih menarik:

ROI = (Pendapatan dari investasi periode tersebut - jumlah investasi pada periode tersebut) / jumlah investasi pada periode tersebut.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengevaluasi biaya waktu dan pendapatan dari mereka. Perhitungan ini cocok jika Anda meluncurkan kampanye iklan. Pada titik waktu tertentu, Anda perlu mengetahui berapa banyak yang Anda belanjakan dan berapa banyak yang Anda terima.

Agar dapat bekerja secara efektif dengan indikator ini, tabel Excel sudah cukup. Di dalamnya Anda harus menunjukkan semua biaya yang dikeluarkan untuk proyek tertentu dan pendapatan yang Anda terima. Jika Anda bekerja dengan kampanye periklanan, lebih baik untuk menunjukkan bukan harga pokok penjualan, tetapi laba bersih yang diterima perusahaan ketika klien membeli produk tertentu.

Analisis ROI dalam periklanan

  • Biaya iklan rata-rata.
  • Besarnya bunga dari transaksi yang telah selesai yang akan dibayarkan kepada pengelola.
  • Biaya pembayaran jasa departemen periklanan.
  • Indikator tambahan.

Kebanyakan penentang ROI percaya bahwa biaya rata-rata iklan dan menarik satu klien merupakan indikator investasi. Menurut mereka, perhitungan diakhiri dengan analisis biaya kampanye iklan per bulan dan keuntungan yang diterima pelanggan atas pembelian mereka.

Kapan tidak menggunakan ROI

ROI adalah indikator laba atas investasi periklanan yang bagus ketika membeli secara impulsif. Artinya, seseorang mengunjungi situs tersebut, memilih produk dan membelinya. Dalam hal ini, koefisien ini akan memberikan hasil yang paling realistis. Dan ketika jangka waktu yang lama berlalu dari saat pembeli mengunjungi situs web hingga dia membuat keputusan pembelian, ROI menjadi tidak efektif karena tidak memungkinkan seseorang untuk mempertimbangkan semua pekerjaan.

Untuk pekerjaan di bisnis produk, ROI dapat menjadi cara utama dan satu-satunya untuk mengevaluasi efektivitas periklanan. Penting untuk menunjukkan semua biaya saat menghitungnya.

Namun jika Anda bekerja di bidang e dan bertanggung jawab, Anda perlu menggunakan indikator lain, karena ROI akan memberikan hasil yang salah.

Indikator ROI pada investasi

Indikator ROI dalam investasi merupakan salah satu cara pertama untuk menganalisis prospek investasi. Dengan bantuannya, Anda dapat mengetahui berapa banyak bunga yang akan Anda terima atas aset tertentu.

Perlu dipahami bahwa ini adalah metode dasar yang hanya cocok untuk “memperkirakan” apakah berinvestasi pada sesuatu menguntungkan atau tidak. Ini tidak cocok sebagai alat analisis yang lengkap karena dua alasan:

  • Kurangnya indikator risiko.
  • Pendapatan sebagian besar instrumen investasi sulit diprediksi jumlahnya.

Kurangnya indikator risiko jelas merupakan kerugian yang terlihat oleh siapa saja yang tertarik berinvestasi. Karena di mana pun ada uang, aturan “Semakin tinggi pendapatan, semakin besar risikonya” berlaku, Anda harus memahami bahwa dalam kasus saham 2-3 tingkat yang sama, indikator ROI bisa sangat besar, tetapi risiko yang akan Anda tanggung kehilangan uang adalah Sama.

Di pasar investasi, sangat sulit menentukan prospek investasi uang. Artinya, setelah menginvestasikan 100.000 rubel dalam saham, Anda tidak dapat mengatakan dengan yakin bahwa Anda akan menerima 20.000 rubel setahun dalam bentuk dividen dan peningkatan nilai sebesar 30.000 rubel. Mungkin pada akhir tahun keuangan Anda akan menerima 25.000 rubel, dan mungkin 5.000. Itu sebabnya Anda dapat menggunakan indikator ROI untuk menghitung investasi hanya untuk mendapatkan gambaran keseluruhan.

Kesimpulan

Indikator ROI adalah koefisien penting yang memungkinkan Anda menilai secara kasar prospek investasi tertentu. Namun perlu Anda pahami bahwa ia memiliki banyak kekurangan sehingga menjadikannya bukan alat analisis menyeluruh, melainkan salah satu komponen neraca untuk menghitung efektivitas investasi.

ROI adalah salah satu indikator utama dalam arbitrase lalu lintas, yang terpenting kedua setelah keuntungan.

Setelah meluncurkan kampanye periklanan, ROI-lah yang menjadi bintang penuntun yang mengarahkan webmaster memperoleh penghasilan. Dan semua tindakan afiliasi selanjutnya bergantung pada seberapa terang bintang ini bersinar: apakah itu meningkatkan omset, mengerjakan ulang materi iklan, mengubah pendekatan, atau menghentikan lalu lintas.

ROI dalam pemasaran CPA adalah...

ROI (dari bahasa Inggris laba atas investasi) adalah koefisien finansial laba atas investasi, yang menggambarkan tingkat profitabilitas atau kerugian kampanye periklanan.

Rumus perhitungan

Indikator ROI adalah perbandingan jumlah keuntungan dikurangi investasi dengan jumlah investasi. Biasanya ROI dinyatakan dalam persentase. Dalam bentuk rumusnya seperti ini:

ROI = (Pendapatan - Biaya) / Biaya × 100, Di mana

  • Pendapatan adalah imbalan yang diperoleh di jaringan CPA berdasarkan hasil kampanye periklanan;
  • Biaya adalah semua pengeluaran yang terkait dengan kampanye periklanan.
  • Biaya sebuah posting iklan adalah 200 rubel.
  • Jaringan CPA memberikan hadiah untuk prospek - 500 rubel.

ROI = (500 − 200) / 200 × 100 = 150%

Penting untuk dicatat di sini bahwa ROI dapat mengambil nilai dalam kisaran dari −100% hingga plus tak terhingga. Nilai negatif dari indikator menunjukkan bahwa imbalan untuk kampanye periklanan lebih kecil daripada biayanya.

Misalnya, jika biaya sebuah pos adalah 200 rubel. kita hanya mendapat 100 rubel, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

ROI = (100 − 200) / 200 × 100 = −50%

Jelas terlihat bahwa sebagai hasilnya, kita hanya mendapatkan kembali setengah dari investasi dan berakhir di zona merah.

Ada juga situasi yang disebut “gabung ke nol”. Itu terjadi ketika total pendapatan sama dengan pengeluaran - Anda menghabiskan 200 rubel. dan mendapatkan 200 rubel.

ROI = (200 − 200) / 200 × 100 = 0%

Baik dalam mata uang keras atau persentase, keuntungan dalam kasus ini akan menjadi nol.

Hal terburuk yang bisa terjadi adalah membuang semua uang “di toko pangsit”, tidak menerima apa pun atas usaha Anda kecuali pengalaman yang tak ternilai.

ROI = (0 − 200) / 200 × 100 = −100%

ROI akan mengambil nilai negatif terkecil - −100%.

Bagi yang lemah hati, ini adalah alasan yang bagus untuk jatuh ke dalam depresi dan melupakan arbitrase lalu lintas selamanya, tetapi bagi iklan berpengalaman, ini hanyalah insentif untuk bersorak, menenangkan diri, menganalisis hasilnya, menghilangkan penyebab kegagalan dan teruskan saja, tetapi dengan cara yang positif.

Untuk kejelasan, saya akan menduplikasi semua opsi bersama-sama:

Apa yang mempengaruhi ROI

Semuanya. Ya, ya, saya tidak bercanda.

Pahami bahwa ROI adalah hasil akhir dari semua pekerjaan yang telah Anda lakukan, sehingga setiap titik dalam rantai pengurasan yang panjang pasti memiliki dampaknya sendiri:

  • jaringan CPA yang dipilih;
  • daya tarik materi iklan;
  • kecepatan memuat halaman arahan;
  • waktu berjalannya kampanye periklanan;
  • suasana hati karyawan call center;
  • Dan seterusnya dan seterusnya.

Hal ini mengarah pada kesimpulan yang jelas bahwa Anda dapat meningkatkan ukuran ROI dengan seratus satu cara:

  • pilih jaringan CPA dengan royalti besar atau persetujuan lebih baik;
  • menguji materi iklan baru;
  • salin halaman arahan ke hosting cepat Anda dan sesuaikan untuk perangkat seluler;
  • menonaktifkan iklan selama waktu "mati" untuk sebuah penawaran...

Artinya, lakukan hal-hal yang pada dasarnya biasa untuk arbitrase, tetapi lebih baik dari kemarin, dan pada akhirnya dapatkan lebih banyak keuntungan besok daripada hari ini.

Bagaimana lagi untuk meningkatkan ROI

Saya akan segera membagikan trik sederhana saya untuk mengoptimalkan kampanye periklanan - di salah satu artikel berikut - namun untuk saat ini saya sedang "membakar" situs yang dijamin akan meningkatkan ROI Anda sebesar 5–15%, bergantung pada sumber lalu lintas Anda. saat ini bekerja dengan.

Layanan ini adalah “penghemat anggaran” nyata yang memungkinkan Anda mengisi kembali akun jaringan periklanan dengan keuntungan hingga 20%.

Daftar sumbernya mencakup “monster” seperti VKontakte, myTarget, MarketGid, Direct/ADVERT, Kadam, Recreativ, BodyClick, GetDirect dan Airpush, jadi hari ini Anda dapat mendaftar ke layanan ini dan mulai membeli lalu lintas favorit Anda dengan diskon menarik.

Unggul mahakuasa

Seiring waktu, Anda pasti akan belajar memperkirakan ROI dengan cepat di kepala Anda, tetapi untuk mengumpulkan statistik yang akurat, Anda masih memerlukan beberapa jenis alat analisis, misalnya Excel atau yang setara.

Video di YouTube akan memberi tahu Anda secara detail tentang dasar-dasar penggunaan aplikasi ini, dan saya hanya akan menunjukkan kepada Anda seperti apa rumus di sel perhitungan ROI.

ROI apa yang dianggap sebagai norma?

Judulnya sedikit provokatif, karena di sini tidak ada norma dan tidak mungkin ada. Beberapa pedagang arbitrase cukup puas dengan ROI sebesar 20–30%, sementara yang lain bekerja secara eksklusif melalui koneksi dengan ROI 100%.

Iblis ada di dalam volume.

Pada kecepatan rendah, bekerja dengan ROI kecil adalah “membosankan” dan berbahaya, karena penghasilannya kecil, dan setiap perubahan dalam kualitas lalu lintas dapat mengubah hal positif menjadi negatif.

Sebaliknya, dengan anggaran yang besar, Anda bisa mendapatkan kemewahan mengalirkan lalu lintas berdasarkan prinsip “selama itu merupakan nilai tambah”, dan menghentikan perusahaan di angka sedikit di atas nol.

Ini adalah apa yang terlihat dalam praktiknya...

Terlepas dari kenyataan bahwa ROI pada opsi kedua lima kali lebih kecil, keuntungan sebenarnya dua kali lebih besar. Inilah sebabnya mengapa pengiklan lebih suka bekerja dalam volume besar dengan penawaran massal - untuk wilayah geografis yang luas dan target audiens yang besar.

Namun apa yang dikatakan statistik kering tentang hal ini...

Kapan harus menghentikan lalu lintas

Tampaknya jawabannya sudah jelas: jika hari ini positif, tetapi sudah jelas besok negatif, maka sudah waktunya untuk berhenti.

“Hari ini” dan “besok” dapat dipahami sebagai satu jam, satu hari atau satu minggu, yaitu periode waktu di mana Anda melihat dan menganalisis statistik.

Namun saya ingin mengingatkan Anda bahwa Anda tidak boleh menunggu hingga menit terakhir, karena minus sebenarnya bisa menyelinap tanpa disadari dan menyerang sedikit sebelum ROI melewati angka nol.

Hal ini terjadi karena ketika menganalisis data statistik, webmaster biasanya hanya memperhitungkan biaya lalu lintas dari akun iklan, sementara mengabaikan biaya koneksi tambahan, seperti pendaftaran domain, sewa pelacak, komisi penarikan dana ke kartu bank. , dll. di bagian bawah daftar.

Hasilnya, Anda dapat mengamati gambar serupa...

Pengiklan pertama memperhitungkan semua biaya dan sudah menghentikan lalu lintas, karena dia melihat pada waktunya bahwa bundel itu akan menjadi merah.

Pengiklan kedua, tanpa menyadarinya, terus menghasilkan ROI virtual sebesar 11% dan menerima “keuntungan luar biasa.”

Ini tentu saja contoh yang dilebih-lebihkan, dan ada banyak nuansa yang tidak bisa digambarkan dalam dongeng, namun yang terpenting adalah Anda memahami esensinya dan tidak melupakan biaya overhead tambahan.

Tentu saja, jika Anda terus-menerus memompa pada volume yang layak dengan ROI 500% atau lebih, maka Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal kecil seperti itu, tetapi ada sesuatu yang memberi tahu saya bahwa ini tidak benar...

Cara menghitung ROI dengan “benar” dalam arbitrase

Sengaja saya tinggalkan topik ini untuk camilan, agar tidak menimbulkan kebingungan di kepala saya sejak awal.

Sayangnya, secara historis, komunitas arbitrase belum mengembangkan satu formula pun - “kanonik” - untuk menghitung ROI. Dan perang forum yang serius sering terjadi seputar topik ini, yang pada dasarnya tidak ada benar atau salah.

Dan masalahnya begini: beberapa arbitrase salah menghitung ROI...

ROI = (Pendapatan - Biaya) / Biaya × 100,

seperti yang saya tunjukkan kepada Anda, tetapi sedikit berbeda:

ROI = Pendapatan / Biaya × 100.

Akibat sedikit perubahan pada rumus, kisaran nilai ROI dapat berubah - menjadi dari 0% menjadi plus tak terhingga. Artinya, meskipun arus lalu lintas negatif, ROI dinyatakan sebagai angka positif, namun kurang dari 100%, dan bila arus lalu lintas positif, ROI dinyatakan lebih dari 100%.

Beginilah tampilan kedua metode penghitungan jika dibandingkan menggunakan contoh yang sama...

Pendapat saya tentang masalah ini tidak tergoyahkan selama bertahun-tahun dan didasarkan pada kenyamanan. Jika saya kehilangan uang, saya ingin melihat hasilnya dengan tanda minus di statistik, karena lebih mudah bagi saya untuk melakukan analisis.

Tentu saja, saya tidak melarang Anda menggunakan opsi kedua, tetapi jangan lupa untuk menunjukkan dalam kasus “menguntungkan besar” Anda dengan ROI 101% rumus apa yang Anda gunakan untuk menghitung semua ini.

Terlebih lagi, tidak perlu membuktikan kepada siapapun dengan kegigihan seorang fanatik agama tentang kebenaran cara perhitungan Anda, berdasarkan rumus dari Wikipedia. Tetap sederhana, dan keuntungan akan datang kepada Anda.

nyatanya

Namun saya akan tetap membiarkan diri saya sedikit mengolok-olok sebagai penulis artikel dan mencoba mendukung kebenaran pilihan saya dengan bukti sosial.

Sebelum menerbitkan materi, saya secara khusus mengadakan survei kecil di antara afiliasi tentang topik ini dan mendapatkan hasil sebagai berikut...

Pengembalian investasi adalah salah satu indikator ekonomi dasar yang diandalkan oleh investor dan pengusaha untuk mengevaluasi kinerja suatu bisnis, instrumen keuangan, atau aset lainnya. Karena investasi menyiratkan investasi jangka panjang, penting bagi calon pebisnis untuk mengetahui seberapa cepat investasinya akan membuahkan hasil dan pendapatan apa yang akan dihasilkannya di masa depan.

Mengapa ROI dihitung?

Tingkat pengembalian investasi, atau ROI (Return On Investment), terus dipantau oleh pengusaha dan investor dengan satu tujuan sederhana: untuk menentukan seberapa efektif suatu aset menghasilkan pendapatan.

ROI - Tingkat Pengembalian Investasi

ROI adalah cara yang cukup universal untuk mengetahui:

  • apakah layak berinvestasi di startup tertentu;
  • modernisasi atau perluasan bisnis sangat dibenarkan;
  • Seberapa efektif kampanye periklanan yang dilakukan secara offline atau online;
  • apakah layak membeli saham kampanye tertentu;
  • apakah dibenarkan membeli saham reksa dana, dan sebagainya.

Dengan menggunakan indikator yang tersedia secara bebas dan dapat diakses oleh semua orang untuk dianalisis, Anda dapat dengan mudah menghitung koefisien ROI dan menarik kesimpulan yang tepat. Jika ROI kurang dari 100%, maka aset keuangan tersebut tidak efektif. Jika lebih dari 100 maka efektif.

Biasanya data berikut cukup untuk perhitungan:

  • harga pokok produk (tidak hanya mencakup biaya produksi, tetapi juga upah pekerja, biaya pengiriman ke gudang dan ke tempat penjualan, asuransi, dan sebagainya);
  • pendapatan (yaitu keuntungan yang diterima langsung dari penjualan satu unit barang atau jasa);
  • jumlah investasi (jumlah total seluruh investasi, misalnya biaya iklan atau presentasi);
  • harga suatu aset pada saat perolehan dan pada saat penjualan (indikator ini lebih penting bukan bagi pengusaha, tetapi bagi investor yang menggunakan fluktuasi harga suatu aset - saham, mata uang, saham dalam suatu bisnis, dan seterusnya - untuk menjualnya kembali dan mendapat untung).

Bagi para pebisnis, dalam menganalisis produk, penghitungan ROI memiliki arti khusus. Dengan beragamnya barang atau jasa, analis menganalisis setiap kelompok barang menggunakan berbagai indikator. Hasilnya, sederhananya, menjadi jelas mana yang penjualannya lebih buruk dan mana yang penjualannya lebih baik. Terkadang pemilik bisnis membuat penemuan menarik. Dengan demikian, produk dengan margin rendah mungkin menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada produk dengan margin tinggi, meskipun menurut laporan dalam jumlah absolut, semuanya terlihat berbeda.

Bergantung pada hasil yang diperoleh, Anda dapat mengembangkan strategi tindakan: memperkuat posisi di mana ROI tertinggi untuk memperoleh keuntungan lebih besar, atau “mengencangkan” posisi lemah untuk “mengencangkan” bisnis secara keseluruhan.

Ada beberapa rumus untuk menghitung ROI. Yang paling sederhana, yang digunakan oleh investor dan pemasar, terlihat seperti ini:

ROI = (pendapatan - biaya) / jumlah investasi * 100%.

Rumus yang sama dapat dinyatakan sedikit berbeda jika Anda perlu mengevaluasi aset keuangan yang nilainya berubah seiring waktu (misalnya saham):

ROI = (laba atas investasi - jumlah investasi) / jumlah investasi * 100%.

Rumus-rumus ini dirancang untuk jangka pendek, yaitu dimaksudkan untuk menghitung efisiensi untuk jangka waktu tertentu. Namun sering kali untuk mendapatkan nilai koefisien ROI yang lebih akurat, Anda perlu menambahkan periode. Kemudian rumus tersebut diubah menjadi bentuk berikut:

ROI = (Jumlah investasi pada akhir periode + Pendapatan pada periode yang dipilih – Jumlah investasi yang dilakukan) / Jumlah investasi yang dilakukan * 100%.

Untuk beberapa aset keuangan, rumus berikut lebih cocok:

ROI = (Keuntungan + (Harga Jual - Harga Beli)) / Harga Beli * 100%.

Oleh karena itu, rumus ini cukup fleksibel untuk memungkinkan berbagai macam nilai diganti dan digunakan dalam situasi berbeda untuk instrumen keuangan berbeda.

Salah satu contoh sederhana penghitungan koefisien ROI adalah ketika Anda perlu membandingkan efektivitas penjualan produk yang berbeda di satu outlet.

Misal (produk dan harga bersyarat).

Untuk menghitung ROI digunakan rumus sebagai berikut: ROI = (laba - biaya) * jumlah pembelian / pengeluaran * 100%.

Analisis data yang diperoleh menyiapkan banyak penemuan menarik bagi pemilik outlet. Jadi, menjual sepeda jelas tidak menguntungkan baginya, menjual skuter menguntungkan, dan menjual sepatu roda tidak mendatangkan pengeluaran maupun pemasukan.

Untuk memperbaiki posisi yang “lemah”, ia perlu mengurangi biaya (misalnya, mencari pemasok yang lebih murah) atau menaikkan harga jual. Sedangkan untuk sepatu roda, Anda perlu memikirkannya. Jika saat ini musim panas, jumlah penjualan yang kecil mungkin disebabkan oleh fakta bahwa ini “di luar musim”. Pemantauan serupa perlu dilakukan lagi pada musim gugur.

Untuk saham, perhitungan koefisien ROI adalah sebagai berikut.

Kami menggunakan rumus ROI = (Dividen + (Harga Jual - Harga Beli)) / Harga Beli * 100%.

Dari analisis tabel di atas, pemegang saham dapat mengambil beberapa kesimpulan. Meskipun harga saham mungkin naik, tidak menerima dividen atas saham akan menghasilkan ROI yang rendah meskipun kesepakatan tersebut tampak menguntungkan secara keseluruhan. Sebaliknya, penerimaan dividen menghasilkan ROI yang besar meskipun harga per sahamnya menurun.

Contoh ini dengan sempurna menggambarkan prinsip dasar investasi saham: sifat jangka panjangnya.

Pro dan kontra ROI

Rasio laba atas investasi membantu investor dan calon pemilik bisnis mengevaluasi seberapa efektif suatu proyek. Semakin tinggi koefisien ROI, semakin menarik proyek tersebut di mata pelaku pasar keuangan lainnya.

Selain itu, indeks profitabilitas memiliki beberapa keunggulan yang lebih nyata:

  • memperhitungkan faktor waktu, yaitu perubahan nilai aset dari waktu ke waktu, keuntungan yang diterima selama periode pengukuran;
  • mempertimbangkan jumlah seluruh dampak investasi, bukan hanya keuntungan jangka pendek;
  • memungkinkan Anda mengevaluasi proyek secara memadai dengan skala produksi atau penjualan yang berbeda pada tingkat yang sama, misalnya, pabrik besar dan bengkel kecil, butik yang menjual tas modis, dan hypermarket pakaian;
  • memungkinkan Anda memperhitungkan dalam formula Anda bunga yang harus dibayar untuk menggunakan dana pinjaman;
  • formula yang fleksibel memungkinkan Anda menggunakan berbagai indikator dan memodifikasinya tergantung kebutuhan.

Namun, koefisien ini bukannya tanpa kelemahan:

  • ROI sendiri tidak memberikan penilaian apa pun terhadap profitabilitas suatu bisnis atau instrumen keuangan (yang terlihat jelas pada contoh saham);
  • koefisien ROI tidak memperhitungkan pengaruh depresiasi uang;
  • Tingkat inflasi tidak mungkin diprediksi, sehingga perkiraan jangka panjang tidak jelas (tetapi Anda dapat mengandalkan rata-rata tingkat inflasi tahunan).

Nilai ROI, bersama dengan indikator lainnya, memungkinkan Anda menilai dengan bijaksana seberapa menguntungkan suatu instrumen keuangan dan apakah layak mempertaruhkan uang dan waktu Anda untuk berinvestasi di proyek lain.

Halo semuanya!

Setiap pengusaha harus memahami hasil investasi moneternya pada sesuatu: baik itu periklanan atau pembelian peralatan baru yang akan mengurangi biaya produk. Untuk memahami hal ini, cukup menggunakan rumus ROI, yang akan menunjukkan seberapa efektif saluran lalu lintas lainnya, atau apa pun, di mana Anda menginvestasikan uang, bekerja.

ROI (Return On Investment) merupakan indikator laba atas investasi. Ada beberapa jenis indikator ini, tetapi kami hanya tertarik pada satu - ROI pemasaran, atau lebih tepatnya ROMI (Return On Marketing Investment).

Untuk menghitung rumus ROI, kita memerlukan data berikut:

  1. Penghasilan. Apa yang Anda peroleh dari penjualan;
  2. Harga biaya. Jumlah seluruh biaya produksi suatu produk, pengangkutannya dan lain-lain;
  3. Investasi. Berapa banyak uang yang telah Anda investasikan pada saluran periklanan tertentu?

Mari kita mulai berbisnis.

ROI - rumus perhitungan

ROI = (Pendapatan - Ukuran Investasi) / Ukuran Investasi * 100%

Dengan menggunakannya, seorang pemasar Internet dapat memahami seberapa efektif kampanye periklanan (AC) bekerja. Lagi pula, keuntungan dari periklanan adalah apa yang diperjuangkan setiap pengiklan, dan semua indikator lain seperti RKT tidak memainkan peran apa pun.

Di atas adalah salah satu jenis ROI, tetapi Anda juga dapat menghitung laba atas investasi dengan mempertimbangkan biaya produk:

ROI = (Pendapatan - Biaya Produk) / Ukuran Investasi * 100%

Sekarang Anda akan melihat keuntungan nyata Anda dan bagaimana kampanye periklanan membuahkan hasil.

Contoh perhitungan ROI

Mari beralih dari teori ke tindakan praktis. Bayangkan Anda menggunakan tiga saluran periklanan:

  1. . Anda menghabiskan 15.000 rubel/bulan untuk itu;
  2. . Di sini Anda berinvestasi 15.000 rubel/bulan.

Pada saat yang sama, penjualan per bulan mencapai 50 pesanan, dan setiap saluran menghasilkan jumlah pesanan sebagai berikut:

  1. Yandex.Direct - 18 pesanan;
  2. Google Adwords - 15 pesanan;
  3. Beriklan di jejaring sosial - 17 pesanan.

Satu pesanan memberi kita laba bersih 2.500 rubel, dengan memperhitungkan semua biaya. Ternyata setiap saluran menghasilkan dalam sebulan:

  1. 45000;
  2. 37500;
  3. 42 500.

Berdasarkan data ini, kami akan membuat perhitungan berikut untuk Yandex.Direct:

ROI = (45.000 - 15.000) / 15.000 * 100 = 200%

Pengembalian investasi untuk saluran ini adalah 200%. Ini berarti bahwa 1 rubel yang diinvestasikan di Direct memberi kita 2 rubel.

Untuk semua saluran lainnya, hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Google Adwords - 150%;
  • Beriklan di jejaring sosial - 183%.

Apa yang disampaikan angka-angka ini kepada kita? Dan mereka memberi tahu kami bahwa Yandex.Direct, dengan anggaran yang sama dengan saluran lain, lebih menguntungkan, oleh karena itu, kami dapat dengan aman meningkatkan anggaran untuk saluran ini, yang hanya akan menguntungkan kami.

Saat menghitung indikator ini, penting untuk mengingat satu hal: semakin tinggi ROI, semakin baik. Oleh karena itu, jika laba atas investasi adalah< 100%, значит вложенные деньги не окупаются должным образом при использовании определенного рекламного канала. Но в нашем примере, получается, что все каналы окупаются, но самый эффективный из них — Яндекс.Директ.

Apa yang harus dilakukan dengan kampanye berdasarkan data ini?

Berdasarkan data yang diperoleh, dengan menggunakan rumus ROI kita dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Sesuaikan anggaran iklan - tambah atau, sebaliknya, kurangi;
  • Sesuaikan harga klik;
  • Perluas, gunakan